Berita

JEMBATAN BRAWIJAYA RESMI DIBUKA, JEMBATAN LAMA JADI CAGAR BUDAYA

Mon, 18-March-2019

Pasca diujicobakan Desember kemarin, Jembatan Brawijaya hari ini (18/3/2019), telah resmi dibuka oleh pemkot Kediri. Peresmian yang berlangsung di Taman Brantas tersebut, diresmikan langsung oleh Wali Kota Kediri. Selain itu, hadir dalam kegiatan tersebut, kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Kediri, Ir. Sunyata, MT

"Jembatan baru ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan". Ungkapnya saat memberikan sambutan dalam acara peresmian ini

Lebih lanjut, Walikota Kediri, menaruh harapan besar dengan diresmikan dan difungsikannya jembatan Brawijaya ini. Pasalnya jembatan yang menghubungkan dua daerah vital di Kota Kediri ini, menjadi salah satu factor penting sirkulasi ekonomi di Kota Kediri. Selain itu, ia juga mengajak seluruh elemen pemerintahan juga masyarakat untuk bersama-sama membangun Kota Kediri.

"Bagaimanapun juga ini kota kita bersama jadi apa yang belum beres mari kita bereskan bersama-sama sampai mendapatkan dampak yang positif pada masyarakat". ujar pria yang akrab disapa mas Abu ini.

Tidak kalah pentingnya, memang sudah menjadi tugas kita bersama, selaku warga Kota Kediri untuk dapat merawat dan mengembangkan Kota ini dengan harapan membawa manfaat yang lebih baik lagi kedepannya.

Lebih lanjut, peresmian yang sudah ditunggu-tungu masyarakat Kota Kediri ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh walikota secara angsung. Proses penandatanganan ini disaksikan dan diikuti langsung oleh kepala OPD Kota Kediri yang hadir dalam kegiatan yang dimulai pukul 08.30 ini.

Disamping itu, peresmian Jembatan Brawijaya ini sengaja memilih tanggal 18 Maret 2019, karena sekaligus untuk memperingati ulang tahun Jembatan Lama Kediri. Salah satu jembatan dengan konstruksi besi tertua di pulau Jawa ini, tepat hari ini telah berusia 150 tahun. Untuk menandai hal ini sekaligus untuk meresmikan Jembatan Brawijaya, sebanyak 150 penari kolosal dan gamelan oleh sanggar budaya nusantara dari SMK NEGERI 2 KEDIRI diterjunkan untuk memeriahkan kegiatan ini sekaligus sebagai simbolisasi acara tersebut.

Tidak hanya itu, 150 burung merpati putih dilepaskan, melengkapi proses peresmian Jembatan Brawijaya dan peringatan ulang tahun jembatan lama tersebut. Pelepasan 150 merpati dilakukan oleh walikota beserta jajaran pemerintah dan tamu undangan. Dengan pelepasan burung merpati sebanyak 150 yang dibawa oleh penari kolosal menandakan tepat hari ini 150 tahun jembatan lama berdiri dan sejak hari ini pula, Jembatan Brug Over Den Brantas Te Kediri (nama asli jembatan lama), sebagai situs cagar budaya tingkat Kota Kediri

Kegiatan ini menambah deret panjang sejarah dan kebudayaan yang ada di Kota Kediri. Tentu hal ini membawa misi penting, khususnya bagi generasi selanjutnya untuk tetap mengingat sejarah dan kebudayaan bangsa dengan harapan dapat menjaganya dan dapat terus melestarikannya. (ym/nv/rm)


Kegiatan Hari Ini

Kalender