Berita

PEMKOT KEDIRI TINGKATKAN KREATIFITAS WARGA DENGAN PELATIHAN SABLON

Wed, 20-March-2019

Masyarakat Kota Kediri saat ini semakin kreatif dan inovatif untuk meningkatkan Sumber Daya Manusianya. Hal itu dibuktikan dengan aspirasi warga yang disampaikan di forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Pada Musrenbang Tahun 2018 yang lalu, warga Kelurahan Banjaran, Bandarkidul dan Banjarmlati mengusulkan Pelatihan Sablon dalam rangka mencetak wirausaha baru dan menyerap angkatan kerja. Musrembang ini merupakan wadah yang disediakn Pemerintah Kota Kediri untuk memperhatikan aspirasi dan kebutuhan masyarakat .

Usulan tersebut kemudian direalisasikan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian pada Tahun Anggaran 2019 ini dengan menyelenggarakan Pelatihan Sablon dengan peserta sebanyak 75 orang warga berusia produktif dari tiga kelurahan di atas. Kegiatan pelatihan digelar mulai hari Selasa s/d Kamis, 19 - 21 Maret 2019 berlokasi di Gedung PKP-RI Kediri.

Selama tiga hari, para peserta dibekali dengan materi pembuatan sablon oleh tim instruktur mulai dari proses awal hingga menjadi produk jadi yang siap dipasarkan. "Kami berharap melalui pelatihan ini para peserta mendapatkan keterampilan baru yang nantinya dapat diaplikasikan untuk merintis usaha", jelas Kepala Disperdagin Hj. Yetty Sisworini.

Di pihak lain, Kepala Kelurahan Bandarkidul, Banjarmlati dan Banjaran menyambut baik kegiatan Pelatihan Sablon ini. Hal ini menegaskan komitmen Pemkot Kediri untuk menyusun program yang selaras dengan kebutuhan riil masyarakat dalam upaya mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan derajat kesejahteraan warga Kota Kediri.

Wajah sumringah dan antusias peserta juga terlihat selama pelatihan berlangsung. Salah satu peserta dari Kelurahan Banjarmlati, Beni Sugianto mengaku senang mengikuti pelatihan sablon. “Pelatihan sablon ini sangat seru dan bisa menambah pengalaman buat saya. Kedepannya saya berharap semakin banyak pelatihan yang diadakan. Karena pelatihan-pelatihan ini dapat memacu kretifitas warga, terutama pemuda,” ujarnya.


Kegiatan Hari Ini

Kalender