BERITA

Penuhi Dokumen Penyusunan Profil Germas, Pemkot Kediri Gelar Pelaporan Kegiatan Germas Semester I

Sat, 14/09/2024

Sebagai upaya dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Pemerintah Kota Kediri saat ini tengah gencar menggaungkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di semua lini. Hal tersebut juga sejalan dengan amanat Instruksi Walikota Kediri Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kota Kediri. Maka dari itu Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Kediri selaku Ketua Pokja Germas hari ini menggelar kegiatan Pelaporan Germas Semester I yang akan menjadi bahan evaluasi dari pelaksanaan Germas di Kota Kediri serta untuk bahan penyusunan Profil Germas Kota Kediri. Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Kediri, Jumat (13/9) dan dihadiri oleh perwakilan seluruh OPD dan instansi vertikal meliputi: BPOM, BNN, Kemenag, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, serta menghadirkan narasumber dari BAPPEDA Provinsi Jawa Timur.

 

Menurut keterangan Chevy Ning Suyudi, Kepala BAPPEDA Kota Kediri, implementasi Germas sebenarnya merupakan kegiatan rutinitas yang dilaksanakan oleh OPD dan Instansi lainnya. Hal tersebut tercermin dari berbagai contoh kegiatan, di antaranya: Germas Award yang diampu Dinas Kesehatan, car free day yang diampu Dinas Perhubungan dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora), Ruang Terbuka Hijau oleh Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP), penganekaragaman pangan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Kelurahan Bersinar oleh BNN bekerjasama dengan Bakesbangpol, dll. 

“Tanggal 6 September 2024 Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengadakan evaluasi pelaksanaan implementasi Germas di berbagai tatanan Tahun 2023 yang diikuti 36 kabupaten/kota se-Jawa Timur dan alhamdulillah Kota Kediri berhasil mendapatkan Terbaik Harapan I,” jelasnya. Selanjutnya pelaksanaan Germas di Kota Kediri, Pemerintah bersama seluruh lapisan pentahelix bersinergis untuk memperkuat komitmen dan Kerjasama dalam membudayakan masyarakat hidup sehat untuk mewujudkan terciptanya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kota Kediri.

 

 

ALAMAT
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri
Jalan Basuki Rahmad No.15,
Kelurahan Pocanan, Kota Kediri, Jawa Timur
CONTACT
(0354) 682955
MEDIA SOSIAL
Dinas Komunikasi dan Infromatika Kota Kediri
|
© Copyright 2024