BERITA UTAMA

Dekopinda Kota Kediri Salurkan Bantuan 106 Juta Rupiah Ke 340 UKM

Rabu, 8 September 2021 lalu, Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kota Kediri berkomitmen untuk melakukan gerakan berbagi bersama dengan para UMKM terdampak Covid-19. Diawali dengan penggalangan donasi dari koperasi-koperasi yang telah berbadan hukum di Kota Kediri, hingga kemudian Selasa pagi (19/10), Dekopinda mulai menyalurkan sebanyak total 106 juta rupiah hasil penggalangan dana kepada sedikitnya 340 UKM di Kota Kediri.

Firdaus, ketua Dekopinda Kota Kediri mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud perhatian dari Dekopinda kepada masyarakat, utamanya bagi para pelaku UKM yang terdampak Covid-19. "Merebaknya Covid-19 sejak awal tahun 2020 lalu, membuat sebagian besar masyarakat, termasuk pelaku UKM di Kota Kediri sangat terdampak, hal tersebutlah yang melatarbelakangi kami dari dewan koperasi sebagai salah satu komponen penggerak perekonomian di Kota Kediri melakukan gerakan berbagi ini,"ungkap wanita yang akrab disapa kak Edo ini, Selasa, (19/10).

Lebih lanjut Firdaus mengatakan bahwa sebelumnya pihaknya telah mengajak koperasi-koperasi yang telah berbadan hukum di Kota Kediri untuk turut serta dalam melakukan kegiatan ini. "Kami mengajak setiap koperasi di Kota Kediri untuk berdonasi, dam alhamdululillah hingga akhirnya hari ini kami bisa menyalurkan bantuan sekitar 106 juta rupiah kepada pelaku usaha UMKM yang terdampak Covid-19,"imbuhnya.


Bimtek HPS dan Pengadaan Barjas, Upaya Pemkot Kediri Perdalam Pemahaman OPD

Mengantisipasi risiko permasalahan yang mungkin saja terjadi dalam penyusunan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan pengadaan barang dan jasa di lingkungan OPD di Kota Kediri, Pemerintah Kota Kediri melalui bagian pengadaan barang dan jasa mengupayakan solusi atas permasalahan tersebut. Seperti Senin (18/10) berlokasi di Merpati Hall, Insumo hotel Kediri digelar bimtek penyusunan HPS dan spesifikasi pengadaan barang/jasa.

Kepala Bagian Barang dan Jasa, Pemerintahan Kota Kediri, M. Muklis Isnaini mengungkapkan tujuan dari terlaksananya acara yang diikuti oleh sedikitnya 37 OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kediri. "Kegiatan ini bertujuan supaya pemahaman akan identifikasi kebutuhan serta penyusunan spesifikasi barang dan jasa secara bertahap dapat dimengerti dengan baik oleh masing-masing OPD dalam hal ini PPK/PPTK nya," terang Muklis, (18/10).

Disamping itu, ia juga menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini juga akan dibahas mengenai bagaimana melakukan evaluasi harga penawaran barang sehingga didapat harga penawaran yang wajar. "Kami rasa hal ini sangat dibutuhkan oleh setiap OPD untuk mengantisipasi adanya kekeliruan,"tandasnya.

Sementara itu, dalam agenda ini Mudji Santosa, praktisi pengadaan barang dan jasa didaulat untuk menjadi narasumber utama. Dalam kesempatan tersebut ia mengatakan bahwa mekanisme dan proses pengadaan barang dan ...


Perjuangan Guru Honorer Sukses Raih PPPK di Tengah Gempuran Covid-19

Kurnia Aini Eprillia, atau yang akrab disapa Bu Nia oleh anak didiknya merupakan seorang guru honorer di SDN Jagalan 5 Kediri. Hampir empat belas tahun mengabdi, Nia akhirnya mendaftarkan diri dalam seleksi tenaga guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) SDN Jagalan 5 Kota Kediri saat dirinya harus menjalani masa perawatan akibat Covid-19.

“Rutinitas Saya dari pagi sampai siang adalah mengajar di sekolah. Dan di masa pandemi ini Saya tetap mengajar meskipun dengan cara daring. Sorenya Saya mendampingi anak sendiri belajar daring” ujar Nia.

Nia mengaku bahwa dirinya mengetahui hasil tes swab H-1 ujian. Seketika ia merasa putus asa dan kecewa. “Sebelumnya Saya merasa baik baik saja, Saya sehat-sehat saja dan waktu tes swab Saya kaget ternyata Saya positif. Saya bingung karena Saya harus mengikuti ujian keesokan harinya. Alhamdulillah Pemkot Kediri memfasilitasi warganya yg positif covid-19 untuk dianter jemput dari rumah sampai lokasi ujian, Saya diantarkan ke lokasi tes dengan ambulance dan dengan didampingi dua orang petugas yang berpakaian APD lengkap. Ternyata sesampainya di lokasi ujian, Saya tidak diizinkan untuk mengikuti ujian. Tapi pihak panitia memberikan kelonggaran untuk Saya mengikuti ujian susulan di hari yang sudah ditentukan oleh Kemendikbudristek” ungkapnya.

Selama mengikuti uji...


Dipenuhi Bangunan Bersejarah, Kelurahan Pakelan Temukan Potensi Wisata

Kota Kediri memiliki banyak sekali bangunan bersejarah yang patut untuk dilestarikan, salah satunya berada di wilayah Kelurahan Pakelan yang menjadi eks kawasan Pecinan di masa lampau. Hal inilah yang mendorong Kelurahan Pakelan untuk membangun dan menata lingkungannya menjadi sebuah wisata berciri khas memanfaatkan nilai sejarah dengan tujuan untuk lebih memberdayaakan masyarakat.

Program pemberdayaan masyarakat atau Prodamas, merupakan sebuah kesempatan bagi masyarakat untuk memaksimalkan potensi yang ada pada daerahnya masing-masing. Kepala Kelurahan Pakelan Subadi Waluyo menyampaikan jika terdapat banyak sekali bangunan bersejarah yang ada di Kelurahan Pakelan ini. Bahkan gedung Kantor Kelurahan Pakelan telah terdaftar sebagai salah satu cagar budaya yang ada di Kota Kediri. “Sebenarnya selain gedung kantor kelurahan ini, bangunan milik pribadi warga juga banyak yang menjadi bangunan cagar budaya, bahkan ada beberapa bangunan yang berada tidak dipinggir jalan sudah tertutupi bangunan baru,” ungkap Subadi, Jum’at (15/10).

Beberapa bentuk bangunan khas Tionghoa di Kelurahan Pakelan beberapa sudah mengalami pemugaran dan proses renovasi. Sehingga keaslian arsitektur bangunan sudah banyak yang dirubah. Maka dari itu, langkah yang diambil oleh Kelurahan Pakelan untuk memanfaatkan Prodamas adalah dengan mengoptimalkan pembangunan. Sehingga dalam pembang...


Berhasil Dapatkan Bantuan Permodalan, Rino : “Terima kasih Dinkop-UMTK Kota Kediri”

8 Oktober 2021 seakan menjadi hari keberuntungan pria satu ini. Bagaimana tidak, pada tanggal tersebut, permohonan bantuan permodalan sebesar 7 juta rupiah untuk usaha fotografinya telah disetujui oleh Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah

Ia adalah Mayrino Candra, pria asal kelurahan Ngronggo, Kota Kediri. Berawal dari informasi yang ia dapatkan dari grup whatsapp karang taruna hingga mebawanya ke akun isntagram Dinas Koperasi dan UMTK, ia mencoba peruntungan mengajukan bantuan permodalan wirausaha tahun 2021. Beruntung, dari 210 pendaftar, ia menjadi satu-satunya peserta yang lolos.

“Awalnya dapat informasi dari grup karang taruna kelurahan, kemudian memastikan kebenaran berita tersebut melalui sejumlah sumber, hingga membawa saya ke akun instagram resmi Dinkop-UMTK Kota Kediri,” terangnya, Sabtu, (16/10).

Saat dikonfirmasi mengenai proses pendaftaran, ia mengatakan bahwa sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. “Proses pendaftaran sangat mudah, setelah saya lengkapi persyaratan-persyaratan penunjang, saya segera mendaftar melalui Dinkop-UMTK Kota Kediri,” ungkapnya.

Sementara itu, ia mengatakan motivasinya mengajukan bantuan permodalan wirausaha tersebut. Menurutnya hal tersebut sangat bermanfaat untuk menunjang usahanya. &...


ALAMAT
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri
Jalan Basuki Rahmad No.15,
Kelurahan Pocanan, Kota Kediri, Jawa Timur
CONTACT
(0354) 682955
MEDIA SOSIAL
Dinas Komunikasi dan Infromatika Kota Kediri
|
© Copyright 2021