BERITA

Seni Grafiti dan Mural Hiasi Tembok Parkir di Goa Selomangleng

Tue, 28/08/2018

Area parkir Goa Selomangleng dipenuhi boombers sejak pagi, Minggu (26/8). Pasalnya Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kota Kediri tengah bekerjasama dengan komunitas grafiti membuat coretan keren di tembok sebelah utara. Kegiatan yang merupakan salah satu rangkaian kemeriahan hari jadi Kota Kediri ke 1139 ini, diikuti oleh 12 kelompok boombers. Mereka melukis seni graffiti dengan tema Kediri Culture. 

Grafiti merupakan coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu. Alat yang digunakan biasanya cat semprot kaleng.

Nur Muhyar selaku Ketua Panitia membuka kegiatan secara simbolis dengan menyemprotkan cat ke tembok. Untuk kemudian dilanjutkan oleh peserta lomba grafiti. "Daripada (grafiti) jadi aksi vandalisme, lebih baik kreatifitas mereka difasilitasi oleh pemerintah. Seperti hari ini, hasil kreatifitas mereka bisa untuk meningkatkan nilai pariwisata," ungkap Nur Muhyar, Kepala Disbudparpora.

Pemerintah menyediakan media tembok putih sepanjang kurang lebih 20 meter dan beberapa cat untuk para peserta. Kegiatan ini menjawab keresahan masyarakat akan aksi vandalisme pada tembok-tembok Kota Kediri. Dengan adanya kolaborasi yang baik antara pemerintah dan boombers, diharapkan seni graffiti dan mural dapat menjadi aksi positif agar lebih tertib dan terarah dalam menyalurkan bakat yang mereka miliki untuk memperindah Kota Kediri.

Selain perlombaan seni graffiti dan mural, disana juga berjajar rapi 32 booth bazaar UMKM dan komunitas. Penampilan dari karang taruna dan komunitas juga turut memeriahkan venue. Hal ini tentu saja untuk meningkatkan kreatifitas dan sektor ekonomi masyarakat.

ALAMAT
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri
Jalan Basuki Rahmad No.15,
Kelurahan Pocanan, Kota Kediri, Jawa Timur
CONTACT
(0354) 682955
MEDIA SOSIAL
Dinas Komunikasi dan Infromatika Kota Kediri
|
© Copyright 2024