BERITA

Maknai Hari Museum Indonesia, Disbudparpora Gelar Belajar Bersama di Museum

Wed, 13/10/2021

Bertepatan dengan hari museum tanggal 12 Oktober, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri memaknainya dengan menggelar belajar bersama di Museum Airlangga Kota Kediri. 

Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Kediri, Nur Muhyar yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan urgensi dalam menjaga kelestarian peninggalan sejarah terutama di lingkungan museum. "Menjaga kelestarian sejarah merupakan tanggung jawab kita bersama, salah satu caranya dengan mempelajari sejarah tersebut guna menjaga kelestariannya," ungkapnya, Selasa, (12/10).

Dalam kesempatan tersebut, Nur Muhyar juga mengatakan pentingnya belajar tentang museum. Menurutnya hal itu selain untuk menjaga kelestariannya juga membawa manfaat untuk dipelajari. "Peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di museum ini akan sia-sia jika tidak dipelajari, jadi manfaatkan ilmunya sebagai teladan kita bersama," tandasnya.

Acara yang langsung dibuka oleh Nur Muhyar ini mengangkat sejumlah tema pembelajaran yang berkaitan dengan museum. Diawali hari ini, (12/10) sebanyak 20 peserta dari saka pariwisata Kota Kediri mendapatkan materi pembelajaran tentang bagaimana membaca aksara jawa kuno yang biasanya digunakan pada prasasti.

Materi tersebut disampaikan langsung oleh Eko Bastiawan, seorang pemerhati sejarah yang juga penerima beasiswa di School of Oriental and African Studies (SOAS), University of London. Tidak hanya itu, disesi kedua, materi tentang peran aparat penegak hukum dalam pelestarian dan pengembangan cagar budaya juga disampaikan oleh Ponco, Kasat Binmas, Polres Kediri Kota.

Junio, salah satu peserta belajar di museum kali ini sangat antusias dengan acara yang diselenggarakan setiap tahun ini. Ia mengatakan sangat tertarik dengan materi pembahasan tentang sejarah. 

"Senang sekali, apalagi ilmu yang saya dapatkan disini belum pernah saya pelajari di sekolah, jadi ini merupakan pengalaman berharga buat saya," ungkap siswa kelas 12, SMAN 1 Kota Kediri ini.

Sebagai informasi acara yang juga disiarkan secara online melalui kanal youtube resmi KediriTourism TV ini akan dilaksanakan hingga hari Jum'at (15/10) mendatang. Tidak hanya materi tentang prasasti, melainkan juga tentang arca, hingga relief juga diberikan disini.

ALAMAT
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri
Jalan Basuki Rahmad No.15,
Kelurahan Pocanan, Kota Kediri, Jawa Timur
CONTACT
(0354) 682955
MEDIA SOSIAL
Dinas Komunikasi dan Infromatika Kota Kediri
|
© Copyright 2021