BERITA UTAMA

Maknai Hari Museum Indonesia, Disbudparpora Gelar Belajar Bersama di Museum

Bertepatan dengan hari museum tanggal 12 Oktober, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri memaknainya dengan menggelar belajar bersama di Museum Airlangga Kota Kediri. 

Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Kediri, Nur Muhyar yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan urgensi dalam menjaga kelestarian peninggalan sejarah terutama di lingkungan museum. "Menjaga kelestarian sejarah merupakan tanggung jawab kita bersama, salah satu caranya dengan mempelajari sejarah tersebut guna menjaga kelestariannya," ungkapnya, Selasa, (12/10).

Dalam kesempatan tersebut, Nur Muhyar juga mengatakan pentingnya belajar tentang museum. Menurutnya hal itu selain untuk menjaga kelestariannya juga membawa manfaat untuk dipelajari. "Peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di museum ini akan sia-sia jika tidak dipelajari, jadi manfaatkan ilmunya sebagai teladan kita bersama," tandasnya.

Acara yang langsung dibuka oleh Nur Muhyar ini mengangkat sejumlah tema pembelajaran yang berkaitan dengan museum. Diawali hari ini, (12/10) sebanyak 20 peserta dari saka pariwisata Kota Kediri mendapatkan materi pembelajaran tentang bagaimana membaca aksara jawa kuno yang biasanya digunakan pada prasasti.

Materi tersebut disampaikan langsung oleh Eko Bastiawan, seorang pemerhati sej...


Peringati HUT Jatim Ke-76, Pemkot Kediri Berikan Santunan Ke Anak Yatim

Rabu (13/10/2021), Pemkot Kediri mengikuti Upacara Peringatan Hari Jadi Ke 76 Provinsi Jawa Timur, secara virtual di ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri. Acara tersebut dilakukan secara khidmat dan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Dalam memaknai perayaan HUT Jatim ke-76 kali ini, Pemkot Kediri memberikan bantuan berupa santunan kepada anak yatim.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Kediri Ferry Djatmiko saat ditemui dalam acara Upacara Peringatan HUT Jatim Ke-76 mengatakan, pada hakikatnya peringatan ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

"Jadi dalam memperingati HUT Jatim ini, kita memberikan santunan pada 10 anak yatim. Hal ini tentunya juga bagian dari bentuk rasa syukur kita dan wujud bentuk kepedulian Pemkot Kediri kepada masyarakat," ungkap Ferry Djatmiko, Rabu, (13/10).

Selain memberikan santunan pada anak yatim, Pemkot Kediri juga membagikan bantuan berupa sembako pada 210 orang seniman sebagai rangkaian memperingati HUT Jatim ke-76.

Dalam perjalanannya, sejarah yang penuh dinamika telah mengantarkan Jawa Timur menuju segala kemajuan yang didapatkan hingga saat ini. Untuk itu, Ferry Djatmiko berharap kedepannya wilayah Jawa Timur semakin sejahtera dengan program-program yang dijalankan. 


Antusiasme Tinggi, Pemkot Kediri Adakan Kelas Edukasi Shopee Batch 2

Menindaklanjuti kegiatan pelatihan pada batch 1, Disperdagin menyelenggarakan kembali Kelas Sobat UKM Shopee Kediri Batch 2 secara virtual pada Rabu (13/10). "Rupanya peserta sangat antusias dan aktif mengikuti pembelajaran. Jadi kami dan pihak Shopee Indonesia sepakat untuk mengadakan kelas edukasi Batch 2" jelas Tanto Wijohari, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) selaku penanggung jawab kegiatan. Kegiatan tersebut berhasil meraih minat lima ratus pelaku UKM/IKM di Kota Kediri, namun panitia hanya menyeleksi seratus peserta untuk bergabung pada pelatihan virtual.

Sebelumnya pada September lalu, Kamis (23/9), Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar secara resmi membuka kelas edukasi Sobat UKM Shopee Kediri secara virtual. Kegiatan tersebut terselenggara melalui kerjasama Pemerintah Kota Kediri dengan Shopee Indonesia. Program kolaboratif itu ditujukan untuk mendorong pelaku UKM/IKM lokal agar onboarding pada platform marketplace, sehingga dapat menjual produknya dalam lingkup pasar yang lebih luas.

Dalam kelas edukasi Sobat UKM Shopee tersebut, para peserta dibekali dengan materi tentang peluang bisnis dan pengelolaan toko online pada platform Shopee, seperti cara upload produk, dekorasi toko, pemanfaatan voucher/diskon, dan cara mendaftar program ongkos kirim gratis. Setelah pemateri menyampaikan materinya, antusiasme peserta kembali bermunculan pada s...


Pemkot Kediri Optimis PCNU Kota Kediri Mampu Mencetak SDM Berkualitas

Sejak lama menjalin hubungan baik, Pemerintah Kota Kediri optimis kepada PCNU Kota Kediri mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Kediri. Hal tersebut disampaikan bertepatan pada acara pelantikan PCNU Kota Kediri masa khidmah 2021/2026.

Ferry Djatmiko, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Kediri mengungkapkan hal tersebut saat didaulat mewakili Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar dalam acara pelantikan yang berlokasi di aula muktamar, pondok pesantren Lirboyo Kota Kediri tersebut.

"Kami sangat optimis Nahdatul Ulama dapat membantu pemerintah kota kediri dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan mandiri dengan berpedoman pada ahlussunah wal jamaah," ungkapnya saat memberikan sambutan, Rabu, (13/10).

Ferry menambahi, bahwa sinergi antara PCNU dan Pemerintah Kota Kediri sudah berjalan sejak lama dan terjalin dengan sangat baik. "Nahdatul Ulama selalu hadir untuk mendukung program-program kebijakan Pemerintah Kota Kediri untuk kebaikan masyarakat," imbuhnya.

Pihaknya berharap, bertepatan dengan momen pelantikan pengurus PCNU Kota Kediri masa khidmah 2021/2026 ini dapat melahirkan program kerja yang kreatif dan inovatif guna memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat.

"Denga...


Tinjau Kualitas Air Untuk Sanitasi Sekolah, Pemkot Kediri Lakukan Uji Air Bersih

Ketersediaan air bersih di lingkungan sekolah merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan saat pandemi Covid-19 seperti sekarang. Terlebih saat ini semua sekolah di Kota Kediri sudah melakukan pembelajaran tatap muka. Maka untuk itu, Pemkot Kediri melalui Dinas Kesehatan Kota Kediri melakukan uji air bersih untuk mengetahui kualitas air yang ada di sekolah untuk keperluan higiene sanitasi.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Puskesmas 9 wilayah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan sebagai petugas pengambilan sampel air di lokasi sekolah yang sudah ditentukan.

"Jadi bedasarkan dari Permenkes no. 32 tahun 2017 mengenai standar baku mutu kesehatan lingkungan dan kesehatan air untuk keperluan higiene sanitasi. Maka kita lakukan uji air bersih untuk mengetahui kualitas air yang ada di sekolah, " ungkap Fauzan Adima, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, Selasa, (12/10).

Apabila ditemukan hasil yang tidak memenuhi syarat ia mengatakan tindak lanjutnya adalah melakukan pembinaan, bimbingan teknis serta monitoring dan evaluasi. Pembinaan biasanya dilakukan pada saat Inspeksi Kesehatan Lingkungan di sekolah yang dilakukan minimal 1 tahun sekali.

Fauzan Adima menambahkan jika nantinya akan di ambil 45 sampel air dari setiap sekolah Kota Kediri yang sudah ditunjuk. Dari 9 Puskesmas wilayah, setiap Puskesmas diberika...


ALAMAT
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri
Jalan Basuki Rahmad No.15,
Kelurahan Pocanan, Kota Kediri, Jawa Timur
CONTACT
(0354) 682955
MEDIA SOSIAL
Dinas Komunikasi dan Infromatika Kota Kediri
|
© Copyright 2021